Tugas Essai Ospek

tn_logo_ugmini cuma sekedar tulisan yang isinya sesuai judulnya, tugas esai pas Ospek Teknik UGM kemarin. judul esainya “Mengapa Aku Bangga Menjadi Mahasiswa Teknik UGM”. hehhe.., lumayan.., sekalian promosi kampus…, ^^

yap, semoga lewat esai ini bisa menimbulkan semangat buat yang baca, atau sekedar bacaan saja.. selamat membaca…! semoga bermanfaat…,

————————————————————————————————-

Menjadi mahasiswa. bukan hanya menjadi kebanggan bagi orang tua, ia harus menjadi suatu kebanggan bagi mahasiswa itu sendiri. setelah sekian lama bergelut dengan seragam, kini menuntut ilmu tak ada kewajiban mengenai seragam.

Mahasiswa, sekelompok orang yang ternyata hampir bisa di katakan sebagai kekuatan suatu bangsa, terutama Indonesia. Kisah proklamasi kemerdekaan. Turunnya Pak Harto, semuanya melibatkan mahasiswa dalam setiap kejadiannya.

Masing-masing mahasiswa, di setiap kampus, memiliki waktu masing-masing untuk berpraktikum di bumi Indonesia tercinta ini. Krisis Moneter yang lalu merupakan praktikum anak Ekonomi, Gizi Buruk dan Polio merupakan praktikum anak kedokteran di bumi Indonesia. Namun hari ini, sudah tiba masanya anak Teknik untuk berpraktikum di bumi Indonesia ini, untuk mengatasi krisis energi yang akan melanda.

Menjadi mahasiswa teknik, merupakan kebanggaan tersendiri. Kalau kita ingat, proklamator kemerdekaan kita adalah seorang mahasiswa teknik. karna itu, di harapkan mahasiswa teknik mampu untuk membangkitkan bangsa ini kembali, menjadi bangsa yang paham akan teknologi. menjadi bangsa yang mandiri, mampu menghidupi negerinya sendiri. tentunya itu bekerja sama dengan berbagai elemen yang ada di bumi Indonesia.

Mahasiswa, ternyata tak setiap kampus memiliki sejarah panjang pendiriannya seperti UGM. Perjalanan perjuangan pendirian UGM sendiri nyatanya berkaitan erat dengan peperangan.

bahkan, nama Gadjah Mada itu di ambil untuk menjadi nama Universitas terbesar dan terlengkap di Indonesia itu bukan karena sembarangan hal. Gadjah Mada di ambil karena kehidupan pemilik nama itu sendiri. Seorang rakyat biasa, yang akhirnya menapat gelar ‘patih’ karena kegigihannya, merupakan harapan dari pendiri universitas ini kepada para mahasiswanya, untuk turut memperjuangkan kebenaran seperti Patih Gadjah Mada di rakyat Indonesia.

Warna almamater yang harus kita akui, sebuah warna yang jelas-jelas tidak jelas itu berwarna apa, ternyata memiliki filosofi yang begitu erat dengan perjuangan rakyat. Warnanya terinspirasi dari karung goni, pakaian yang di kenakan rakyat Indonesia. itu di tujukan agar mahasiswa UGM turut merasakan penderitaan rakyat, agar saat nanti mereka sukses, keadilanlah yang mereka perjuangkan.

kini, menjadi bagian dari Fakultas Teknik, sebuah fakultas terbesar, di Universitas terbesar, merupakan suatu kebanggaan. menjadi seorang mahasiswa dari Universitas tertua di Indonesia, Universitas yang memiliki berbagai macam filosofi perjuangan yang mengesankan, merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap mahasiswanya.

hidup mahasiswa Indonesia…!

————————————————————————————————-

saat menanti jam kuliah di kampus tercinta…

salam hangat persaudaraan…

Advertisements

6 thoughts on “Tugas Essai Ospek

  1. Pendidikan yg di peroleh seorang mahasiswa harus mampu berkonstribusi bagi bangsa ini.
    Jangan jadikan pendidikan yg tinggi sebagai jembatan menuju keserakahan.
    Menuju indonesia yang adil dan beradab
    ADIL DAN MERATA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s